You are here: Home > Uncategorized > HTTP 2016 – HIMTI Togetherness & Top Performance 2016

HTTP 2016 – HIMTI Togetherness & Top Performance 2016

HTTP 2016 Logo

Logo HTTP 2016

    HTTP (HIMTI Togetherness & Top Performance) adalah acara kebersamaan dan penyambutan mahasiswa baru School of Computer Science Binus University yang diadakan setiap tahunnya oleh HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) Binus University sejak tahun 2001, di mana HTTP 2016 menyambut khusus mahasiswa baru SoCS 2020 dan diadakan pada tanggal 10 September 2016 di Gedung BPPT II, Jl. M. H. Thamrin No. 8, Jakarta Pusat. Tahun ini, HTTP mengangkat tema Passion, Innovation, and Togetherness. Di post ini, saya, Piterson Satio, Binusian 2020 dari jurusan Teknik Informatika akan menceritakan tentang pengalaman saat menghadiri acara HTTP 2016.

Screenshot_3

Mobile BINUS Virtual Tour

    Sebelum acara HTTP 2016 dibuka, sambil menunggu para mahasiswa yang lain datang, diputarlah film Zootopia di dalam auditorium agar mereka yang datang terlebih dahulu tidak bosan. Di luar auditorium, juga terdapat stand-stand IT Showcase yang memamerkan hasil karya dari mahasiswa SoCS Binus University, dimulai dari aplikasi, game, hingga dengan menggunakan alat yang memanfaatkan teknologi Virtual Reality, kita bisa merasakan berada di daerah yang dimiliki Binus, seperti kampus-kampus di Kemanggisan, Binus Square, dan lain-lain.

Peanut Butter Band

Peanut Butter Band

        Kemudian, saat waktu menunjukkan kira-kira pukul 9 pagi, pemutaran film dipotong meski belum selesai (dan mengecewakan banyak orang hahaha) dan acara HTTP pun dimulai. Acara dibuka dengan penampilan dari Peanut Butter Band yang membawakan beberapa lagu.

214019

MC Clarisa Valencia dan Sandy Alta yang membawakan acara

Memperkenalkan para staff penting SoCS BINUS

Memperkenalkan para staff penting SoCS BINUS

        Selanjutnya, acara ini akan dibawakan oleh Clarisa Valencia dan Sandy sebagai para MC. Setelah itu, kata-kata sambutan diberikan oleh Martin Arlando Teng selaku Ketua HTTP, Jonathan Gozali selaku Kepala HIMTI Kemanggisan, Rionaldo Aureri Linggautama selaku Kepala HIMTI Alam Sutra, kemudian Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. selaku Dean of SoCS Binus University yang juga memperkenalkan para staff yang nantinya akan mengajar dan membimbing para mahasiswa baru SoCS ke depannya. Tidak hanya itu, juga diputarkan video sambutan dari salah satu Vice Rector Binus University yaitu Drs. Andreas Chang, MBA yang memberikan wejangan mengenai kunci sukses bagi para mahasiswa baru SoCS 2020.

        Ada juga dilakukan games yang dibawakan kedua MC, yang pertama yaitu games Rantai kata, di mana tiap pemain harus sambung-menyambungkan kalimat dari pemain-pemain sebelumnya, tapi jika pemain salah mengucapkan kalimat yang telah terrangkai, maka ia akan dieleminasi dari permainan, hingga tersisa 2 pemain yang keluar menjadi pemenang. Kemudian, waktunya break untuk makan siang dan tiap orang mendapatkan kotak nasi serta diberi waktu sekitar 1 jam untuk mengunjungi IT Showcase yang saya sebutkan tadi dan juga stand yang dibuka di lapangan yang menjual berbagai makanan dan minuman untuk dinikmati.

Permainan Rantai Kata

Permainan Rantai Kata

IT Showcase

IT Showcase

        Setelah break berakhir, dimulai acara Talkshow yang menghadirkan 3 narasumber yang merupakan lulusan SoCS Binus University yang telah berprestasi dan membanggakan bangsa, yakni Christian Tarunajaya, Reinhard Lazuardi Kuwandy, dan Natanael Febrianto. Mereka menceritakan tentang suka-duka menjadi mahasiswa SoCS, alasan mereka memilih jurusan IT di Binus, kata-kata semangat bagi para mahasiswa baru, dan tentu saja menceritakan tentang hasil ciptaan mereka. Mereka berecerita bahwa, tanpa kerja keras, passion, dan inovasi, mereka tidak akan bisa menciptakan karya mereka tersebut. Jadi, kita sebagai mahasiswa baru bisa termotivasi untuk menciptakan karya kita mulai dari sekarang.

Talkshow

Talkshow

        Kak Natanael membuat aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang hanya berdasarkan isi dari postingan akun Twitter orang tersebut, karena ketertarikannya terhadap bidang psikologi belakangan ini dan juga karena Twitter yang isi postingannya lebih ke arah teks lebih mudah dianalisis daripada media sosial lain yang lebih ke arah gambar. Sedangkan Kak Christian dan Kak Reinhard bersama dengan satu teman mereka lagi menciptakan robot yang bernama Bimax sebagai tugas akhir kuliah mereka. Robot Bimax ini spesial karena selain dapat mengenali ucapan dalam Bahasa Indonesia, juga mampu dalam merespon dalam Bahasa Indonesia pula.

Robot Bimax - robot yang dapat berbahasa Indonesia

Robot Bimax – robot yang dapat berbahasa Indonesia

         Setelah acara talkshow berakhir, dimulailah game kedua di mana 6 pemain harus berpasangan menjadi 3 tim. Dari jarak tertentu, seseorang dari suatu tim harus melemparkan 9 buah bola ping pong satu per satu ke arah rekan satu timnya agar bola masuk ke wadah di atas kepala rekannya tersebut, kemudian mereka berdua akan bertukar posisi. Permainan ini melatih kekompakan dan strategi dalam melempar maupun menangkap.

   Kemudian dimulailah acara Visualisasi HIMTI, yaitu semacam drama/sketsa yang menceritakan tentang sekelompok mahasiswa baru SoCS dari masa FEP mereka, pengenalan mengenai HIMTI dan aspirasi mereka untuk menjadi Cavis HIMTI, namun terlebih dahulu mereka harus menjadi panitia dari acara lain yang diselenggarakan HIMTI, yaitu HEXION. Meskipun awalnya ada pertentangan dan perbedaan pendapat di antara mereka, terutama dengan ketuanya, namun mereka menerima satu sama lain dan akhirnya mampu bekerja sama untuk mensukseskan event HEXION ini, dan mereka semua akhirnya diterima menjadi aktivis HIMTI. Dari visualisasi ini kita belajar bahwa dalam berorganisasi, kita harus bisa menerima kelebihan dan kekurangan setiap orang, termasuk diri kita sendiri, dan mau berkerja sama dengan rekan-rekan kita dan menganggap mereka sebagai keluarga sendiri. Para pemeran dalam drama ini ketika diwawancarai mengatakan bahwa mereka latihan demi acara HTTP ini selama 2 bulan loh! Jadi kita juga harus kerja keras dan berdedikasi tinggi untuk mencapai hasil yang memuaskan. Di akhir sesi ini, seluruh anggota panitia HTTP bersama-sama melakukan dance yang diiringi lagu untuk menunjukkan kekompakan mereka. Keren!

Adegan dalam Visualisasi HIMTI

Adegan dalam Visualisasi HIMTI

Dance Panitia HTTP

Dance Panitia HTTP

        Ketika Visualisasi telah berakhir, break yang kedua dimulai yang kemudian diikuti oleh berbagai performance dan bintang tamu yang telah disiapkan oleh panitia HTTP. Semua peserta HTTP berkumpul di bagian bawah auditorium di dekat panggung sambil menonton berbagai performance, antara lain Revolution Dance, Vibing High yang membawakan beberapa lagu, diselingi oleh pelantikan mahasiswa SoCS dengan mengenakan jaket almamater dan juga pembagian hadiah undian serta doorprize. Setelah itu, acara diakhiri dengan performance DJSnake yang banyak ditunggu-tunggu. Saat acara berakhir, sebelum meninggalkan ruangan, semua orang dibagi berdasarkan ukuran baju yang dipesan dan juga shift bus bagi mereka yang transportasinya disediakan oleh panitia HTTP.


 

        Sekian dari pengalaman sekali seumur hidup saya dalam menghadiri event HTTP 2016. Semoga acara ini dan event-event HIMTI yang lainnya akan memuaskan para peserta yang telah menghadiri!

HIMTI, One Family One GOAL!

Tags: , ,

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply